الجمعة، 3 يوليو 2020

JUKNIS PELAKSANAAN UJIAN SD/MI

 

 

 

Draf

 

PETUNJUK TEKNIS

UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) DAN UJIAN SEKOLAH/MADRASAH (US/M) PADA SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

 

PERDASARKAN

PERATURAN KEPALA BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (BSNP) NOMOR: 0048/BSNP/XI/2018 TGL. 29 NOVEMBER 2018

TENTANG PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR PENYELENGGARAAN UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (POS USBN)

& NOMOR : 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 TGL. 26 NOVEMBER 2018

TENTANG KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


PEMERINTAH KABUPATEN MAGELANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

 

TAHUN 2019

 

 

 

 

LOGO (Kabupaten)PEMERINTAH KABUPATEN MAGELANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

 Alamat : Jl. Soekarno-Hatta No. -   Telp. (0293) 788155 – 788804

Fax (0293) 788224    * 56511

KOTA MUNGKID

 


KEPUTUSAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MAGELANG

Nomor : 423.7 / 942 / 04.2a / 2019

tentang

PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN DAN UJIAN SEKOLAH/MADRASAH (US/M) PADA SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH

TINGKAT KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang

 

Menimbang       :      Bahwa  dalam  rangka pelaksanaan Peraturan Ketua Badan Standar Nasonal Pendidikan Nomor 0048/BSNP/XI/2018 tanggal 29 November 2018 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019 perlu menetapkan Petunjuk Teknis Ujian Sekolah Berstandar Nasional dan Ujian Sekolah/Madrasah jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah  Tingkat Kabupaten Magelang.

Mengingat         :      1.  Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

                                  2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan PP Nomor 13 Tahun 2015

                                  3.  Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan

                                  4.  Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

                                  5.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

                                  6.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

                                  7.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah.

 

Memperhatikan  :      Usul dan saran pada rapat koordinasi  tanggal  8 Januari 2019.

MEMUTUSKAN

Menetapkan       :

PERTAMA          :     Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Tingkat Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019 sebagaimana tercantum dalam lampiran keputusan ini.

KEDUA              :     Jika terdapat kekeliruan dalam keputusan ini di kemudian hari akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

KETIGA             :     Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan sampai dengan kegiatan Ujian Sekolah/Madrasah tahun pelajaran 2018/2019 berakhir.

Ditetapkan di     :  Kota Mungkid

Pada Tanggal    :  8 Januari 2019

  

                                                                  Plt. Kepala DISDIKBUD

Kabupaten Magelang

Asisten Administrasi Umum

 

     

 

Drs. ENDRA ENDAH WACANA, MM.

Pembina Utama Muda

NIP. 19630908 198903 1 008

 

 

 

Lampiran Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang.

Nomor :  423.7/ 942 /04.2a/2019,   Tanggal   8 Januari 2019.

TENTANG PETUNJUK TEKNIS

PENYELENGGARAAN UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) DAN UJIAN SEKOLAH/MADRASAH (US/M) PADA SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH

TINGKAT KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

I.     DASAR

 

1.    Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2.    Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan PP Nomor 13 Tahun 2015

3.    Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan

4.    Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

5.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

6.    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

7.    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah.

 

 .

II.   KETENTUAN UMUM

Dalam Petunjuk Teknis ini yang dimaksud dengan:

1.                Ujian Sekolah Berstandar Nasional dan Ujian Sekolah/Madrasah yang selanjutnya disebut USBN-US/M adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan Satuan Pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar.

2.                Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang selanjutnya disebut POS USBN adalah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN yang diterbitkan oleh Ketua BSNP.

3.                Kisi-kisi USBN-US/M adalah acuan untuk mengembangkan dan merakit naskah soal USBN-US/M yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

4.                Pendidikan agama adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian, dan keterampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaran agamanya, yang dilaksanakan sekurang-kurangnya melalui mata pelajaran pada semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan.

5.                Pendidikan keagamaan adalah pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan tentang ajaran agama dan/atau menjadi ahli ilmu agama dan mengamalkan ajaran agamanya.

6.                Paket naskah soal USBN-US/M adalah variasi perangkat tes yang paralel, terdiri atas sejumlah butir soal yang dirakit sesuai dengan kisi-kisi USBN-US/M.

7.                Lembar Jawaban Ujian Sekolah Berstandar Nasional dan Lembar Jawaban Ujian Sekolah/Madrasah yang selanjutnya disebut LJUSBN-LJUS/M adalah lembaran kertas yang digunakan peserta untuk menjawab soal LJUSBN-LJUS/M.

8.                Bahan USBN-US/M adalah bahan yang digunakan dalam penyelenggaraan USBN yang mencakup naskah soal, LJUSBN-LJUS/M, berita acara, daftar hadir, amplop, tata tertib, dan pakta integritas

9.                Dokumen USBN-US/M adalah berkas hasil pelaksanaan USBN-US/M yang bersifat rahasia, terdiri atas naskah soal, jawaban peserta ujian, daftar hadir yang sudah diisi peserta, berita acara yang sudah diisi dan ditandatangani oleh pengawas ujian baik dalam bentuk hard copy maupun softcopy

10.   Kelompok Kerja Kepala Sekolah yang selanjutnya disebut KKKS dan sejenisnya adalah kelompok kepala sekolah di tingkat Kabupaten Magelang pada jenjang Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Dasar Teologi Kristen (SDTK), Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB).

11.   Kelompok Kerja Guru yang selanjutnya disebut KKG adalah kelompok guru mata pelajaran sejenis di tingkat Kabupaten Magelang pada jenjang Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Dasar Teologi Kristen (SDTK), Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB).

 

 

 

III. PESERTA DAN SATUAN PENDIDIKAN PELAKSANA USBN-US/M

A.    Persyaratan Peserta USBN-US/M

SD/MI/SDTK/SPK dan yang sederajat

1.    Telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada SD/MI/SDTK/SPK atau Program Paket A/Ula;

2.    Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai kelas IV semester 1 (satu) sampai dengan kelas VI semester 1 (satu) untuk peserta didik pada SD/MI/SDTK/SPK; dan

3.    Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar setingkat SD/MI/SDTK/SPK, mulai kelas IV semester 1 (satu) sampai dengan kelas VI semester 1 (satu) untuk peserta didik pada Program Paket A/Ula.

B.    Hak dan Kewajiban Peserta USBN-US/M

Hak Peserta USBN-US/M

a.    Setiap peserta didik yang telah memenuhi persyaratan berhak mengikuti USBN-US/M.

b.    Peserta USBN-US/M yang karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti USBN-US/M utama dapat mengikuti USBN-US/M susulan.

Kewajiban Peserta USBN-US/M

a.    Peserta USBN-US/M wajib mengikuti semua mata pelajaran yang diujikan.

b.    Peserta USBN-US/M wajib mematuhi tata tertib peserta USBN-US/M

C.    Pendaftaran Peserta USBN-US/M

1.    Satuan pendidikan pelaksana USBN-US/M melaksanakan pendataan calon peserta berdasarkan data Dapodik, Dapodikmas, atau EMIS.

2.    Panitia USBN-US/M melakukan verifikasi data calon peserta USBN-US/M.

3.    Kepala sekolah menetapkan daftar peserta USBN-US/M.

4.    Panitia USBN-US/M menerbitkan kartu peserta USBN-US/M.

D.    Persyaratan Satuan Pendidikan Pelaksana USBN-US/M

1.    Persyaratan satuan pendidikan yang dapat melaksanakan USBN-US/M adalah satuan pendidikan terakreditasi berdasarkan keputusan dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) untuk satuan pendidikan formal dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD-PNF) untuk satuan pendidikan kesetaraan.

2.    Dalam hal akreditasi satuan pendidikan telah habis masa berlakunya dan dalam proses pengajuan kembali (reakreditasi) maka status akreditasi yang lama masih berlaku sesuai dengan ketentuan BAN-S/M atau BAN PAUDPNF tentang reakreditasi.

3.    USBN-US/M untuk satuan pendidikan yang belum terakreditasi diselenggarakan oleh satuan pendidikan terakreditasi pada jenjang pendidikan yang sama. Pelaksanaan USBN-US/M bagi satuan pendidikan yang belum terakreditasi dapat berlangsung di satuan pendidikan masing-masing, dengan penyelenggara USBN-US/M dari satuan pendidikan yang terakreditasi.

4.    Mekanisme penyiapan dan penggunaan soal USBN-US/M oleh satuan pendidikan yang belum terakreditasi dilakukan melalui kerja sama dengan satuan pendidikan terakreditasi dan dikoordinasikan oleh dinas pendidikan atau Kantor Kementerian Agama sesuai dengan kewenangannya.

 

 

IV. PENYELENGGARAAN DAN PELAKSANA USBN-US/M

 

A.    Dinas Pendidikan Kabupaten

Tugas dan kewenangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang dalam pelaksanaan USBN-US/M sebagai berikut.

1.    Melakukan koordinasi dengan LPMP dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dalam sosialisasi dan pelaksanaan USBN-US/M.

2.    Melaksanakan sosialisasi USBN-US/M ke seluruh SD, MI dan Program Paket A.

3.    Menetapkan satuan pendidikan penyelanggara USBN-US/M.

4.    Melakukan pendataan dan menerbitkan Daftar Nominasi Sementara (DNS) SD, MI dan Program Paket A.

5.    Mengirimkan DNS ke satuan pendidikan SD, MI dan Program Paket A untuk divalidasi.

6.    Menerbitkan Daftar Nominasi Tetap (DNT) dan mendistribusikan ke satuan Pendidikan untuk SD, MI dan Program Paket A.

7.    Mencetak kartu peserta USBN SD, MI dan Program Paket A.

8.    Mengkoordinasikan pelatihan penulisan soal, perakitan soal, dan penskoran bagi guru-guru dari setiap Kecamatan dengan melibatkan ahli penilaian.

9.    Melakukan koordinasi dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang.

10.   Menerima master soal USBN mata pelajaran Pendidikan Agama serta Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang.

11.   Menerima 20%-25% soal USBN SD dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan termasuk panduan penomoran soal USBN melalui laman USBN (http://usbn.puspendik.kemdikbud.go.id) sesuai dengan petunjuk tehnis yang disiapkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan untuk selanjutnya diserahkan kepada KKG.

12.   Kepala Dinas menunjuk dan menetapkan personalia dari pihak yang akan menerima 20 – 25% soal USBN beserta kunci jawaban untuk jenjang SD/MI dari Kementerian Pendidikan.

13.   Personalia dan pihak yang ditunjuk dan ditetapkan sebagimana diatur pada angka 11 harus menandatangani Pakta Integritas.

14.   Menetapkan KKG di tingkat Kabupaten Magelang  jenjang SD, MI dan Program Paket A atas usulan Kementerian Agama Kabupaten Magelang, yang akan ditugaskan untuk;

a. menyusun dan menelaah indikator untuk 75% - 80% soal berdasarkan kisi-kisi USBN; dan

b.  menelaah 75% - 80% soal usulan guru dari setiap sekolah.

15.   Menggandakan bahan USBN jenjang SD, MI dan Program Paket A atau satuan pendidikan lainnya yang sederajat sesuai dengan jumlah peserta didik.

16.   Mengkoordinasikan dan memfasilitasi penysunan naskah soal ujian sekolah/madrasah.

17.   Menyerahkan master soal USBN mata pelajaran umum minimal 1 (satu) paket, berikut kelengkapannya kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang untuk satuan pendidikan selain madrasah di bawah pembinaan Kementerian Agama yang belum memiliki KKG/MGMP/Forum Tutor.

18.   Melakukan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan USBN-US/M SD, MI dan Program Paket A dengan melibatkan pengawas satuan pendidikan.

19.   Mengumpulkan dan menganalisis data hasil USBN-US/M dari SD, MI dan Program Paket A.

20.   Membuat laporan pelaksanaan USBN-US/M SD, MI dan Program Paket A di wilayah Kabupaten Magelang serta menyampaikannya kepada Kementerian u.p Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

 

J.    Satuan Pendidikan

Tugas dan kewenangan satuan pendidikan dalam pelaksanaan USBN-US/M sebagai berikut.

1.    Membentuk panitia USBN-US/M.

2.    Melakukan sosialisasi USBN-US/M.

3.    Menerima kisi-kisi indikator soal dari KKG/MGMP.

4.    Mengkoordinir penyusunan soal US/M.

5.    Mengatur ruang USBN-US/M.

6.    Menetapkan pengawas ruang USBN-US/M.

7.    Menentukan kriteria kelulusan siswa dari sekolah.

8.    Mengamankan master soal beserta kelengkapannya.

9.    Menggandakan naskah soal USBN-US/M berikut kelengkapannya sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

10.   Menyiapkan sarana pendukung USBN-US/M.

11.   Melaksanakan USBN-US/M sesuai POS USBN-US/M.

12.   Melakukan pemeriksaan lembar jawaban peserta USBN-US/M.

13.   Menerbitkan, menandatangani, dan membagikan hasil USBN kepada peserta USBN.

14.   Mengirimkan hasil USBN ke Kementerian melalui Dapodik, Dapodikmas, atau EMIS.

 

V.    BAHAN USBN

 

A.    Kisi-Kisi USBN-US/M

1.    Kisi-kisi USBN ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

2.    Penyusunan kisi-kisi USBN berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.

3.    Kisi-kisi USBN memuat level kognitif dan lingkup materi.

4.    Kisi-kisi USBN disusun berdasarkan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.

5.    Kisi-kisi USBN disusun oleh Kementerian.

6.    Khusus kisi-kisi USBN untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, serta mata pelajaran pendidikan keagamaan disusun oleh Kementerian Agama

7.    Kisi-kisi US/M disusun dan ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang berdasarkan ketentuan USBN.

 

B.    Naskah USBN-US/M

1.    Soal USBN-US/M disusun mengacu pada kisi-kisi USBN-US/M.

2.    Bentuk soal USBN-US/M terdiri atas Pilihan Ganda (PG) dan uraian.

3.    Sebanyak 20%-25% butir soal USBN disiapkan oleh Kementerian, kecuali untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, serta mata pelajaran pendidikan keagamaan disiapkan oleh Kementerian Agama.

4.    Sebanyak 75%-80% butir soal disiapkan oleh guru-guru atau tutor yang dikonsolidasikan Kelompok Kerja Guru (KKG) atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) atau Forum Tutor dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang sesuai dengan kewenangannya.

5.    Khusus soal mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, serta mata pelajaran pendidikan keagamaan penyusunan 75%-80% butir soal dan perakitannya (100%), dilakukan oleh MGMP atau para guru mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, serta mata pelajaran pendidikan keagamaan yang relevan di bawah koordinasi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi atau Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya.

6.    Naskah soal USBN-US/M dirakit oleh guru/tutor di MGMP/KKG/Forum Tutor atau di satuan pendidikan, minimal 2 (dua) paket terdiri atas 1 (satu) paket utama dan 1 (satu) paket susulan yang ditentukan untuk masing-masing mata pelajaran.

7.    Penggandaan naskah soal USBN beserta kelengkapannya untuk jenjang SD dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mabupaten Magelang.

8.    Penggandaan naskah soal US/M beserta kelengkapannya untuk jenjang SD yang sederajat dilakukan oleh satuan pendidikan masing-masing.

9.    Master soal digandakan dengan menggunakan sumber dana dari APBD atau Biaya Operasional Sekolah (BOS) atau sumber lainnya.

 

C.    Mekanisme Penyusunan Soal USBN-US/M

1.    Penyusunan soal USBN dari pusat (20%-25%) dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut.

a.    BSNP menetapkan kisi-kisi USBN yang mencakup lingkup materi dan tingkat kognitif.

b.    Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) mengoordinir penyusunan soal USBN sebanyak 20%-25% untuk mata pelajaran tertentu yang disiapkan dalam sejumlah 2 paket soal.

c.     Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyerahkan 20%-25% soal USBN kepada Dinas Pendidikan Provinsi atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya.

d.    Dinas Pendidikan Provinsi atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya, menyerahkan soal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada MGMP/KKG/Forum Tutor.

e.    Kementerian Agama menyerahkan 20%-25% soal dari pusat mata pelajaran Pendidikan Agama, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, serta pendidikan keagamaan kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi atau Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya untuk selanjutnya dirakit oleh MGMP/KKG/Forum Tutor menjadi master soal USBN sesuai dengan ketentuan penyusunan soal

2.    Penyusunan soal USBN oleh guru/tutor di satuan pendidikan dilakukan dengan mekanisme dan ketentuan sebagai berikut.

a.    Menyusun soal USBN sebanyak 75%-80% berdasarkan indikator soal dari MGMP/KKG/Forum Tutor berikut kelengkapannya berupa format lembar jawaban, pedoman penskoran untuk soal uraian, dan kunci jawaban untuk pilihan ganda.

b.    Merakit soal USBN lengkap yang terdiri dari 20%-25% soal dari pusat dan 75%-80% soal yang disusun oleh guru dan telah ditelaah oleh MGMP/KKG/Forum Tutor berikut kelengkapannya berupa format lembar jawaban, pedoman penskoran untuk soal uraian, dan kunci jawaban untuk pilihan ganda.

c.     Menyusun soal USBN minimal 2 (dua) paket soal terdiri atas 1 (satu) paket soal utama dan 1 (satu) paket soal susulan.

3.    Setiap personel yang menyusun, menggandakan, mengemas, mendistribusikan, dan menerima naskah soal USBN, harus menandatangani pakta integritas, serta bertanggungjawab terhadap kerahasiaan naskah soal USBN.

4.    Penyusunan soal US/M dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut.

a.    Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang menyusun dan menetapkan kisi-kisi US/M yang mencakup lingkup materi dan tingkat kognitif.

b.    Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang mengkoordinir penyusunan soal US/M untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Seni Budaya dan Kesenian, Bahasa Jawa, Baca Tulis Al Quran/Baca Tulis Al Kitab/Baca Tulis Kitab Suci dan Bahasa Inggris yang disiapkan dalam sejumlah minimal 2 paket soal.

c.     Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang mengoordinir penyusunan soal Uji Coba USBN mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam minimal 3 paket soal dan US/M untuk mata pelajaran Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Seni Budaya dan Kesenian, Bahasa Jawa, Baca Tulis Al Quran/Baca Tulis Al Kitab/Baca Tulis Kitab Suci dan Bahasa Inggris yang disiapkan dalam sejumlah minimal 1 paket soal.

d.    Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang sesuai dengan kewenangannya, menyerahkan soal-soal ujian ke satuan pendidikan melalui UPT Disdikbud Kecamatan.

 

 

 

VI. PELAKSANAAN USBN DAN US SD/MI/SDTK/SPK

A.    Mekanisme Penyusunan Soal Peran satuan pendidikan adalah mengirimkan perwakilan guru untuk menyusun soal di KKG/PKG. Peran KKG/PKG sebagai berikut.

1.    Menyusun dan menelaah indikator penyusunan soal berdasarkan kisi-kisi USBN-US/M.

2.    Menyusun soal USBN-US/M yang disusun oleh guru-guru di dalam KKG/PKG.

3.    Menerima soal USBN (20%-25%) dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Kantor Kementerian Agama.

4.    Menelaah dan merakit soal USBN-US/M.

B.    Mata Pelajaran, Jumlah Butir Soal dan Alokasi Waktu

1.    Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sedangkan Mata pelajaran yang diujikan dalam US/M meliputi Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Seni Budaya dan Kesenian, Bahasa Jawa, Baca Tulis Al Quran/Baca Tulis Al Kitab/Baca Tulis Kitab Suci dan Bahasa Inggris

2.    Bentuk, jumlah butir soal, dan alokasi waktu untuk masing-masing mata pelajaran yang diujikan diatur sebagai berikut.

 

No.

Mata Pelajaran

Bentuk dan Jml Butir Soal

Alokasi Waktu (menit)

Keterangan

PG

Uraian

Tulis

Praktik

1

Bahasa Indonesia

40

5

120

v

v

2

Matematika

30

5

120

v

-

3

Ilmu Pengetahuan Alam

35

5

120

v

v

4

Pendidikan Agama

35

5

120

v

v

5

Pendidikan Kewarganegaraan

35

5

120

v

-

6

Ilmu Pengetahuan Sosial

35

5

120

v

v

7

Penjasorkes K2006

Penjasorkes K2013

-

35

-

5

-

120

-

v

v

v

8

SBK/SBDP

-

-

-

-

v

9

Bahasa Jawa

35

5

120

v

v

10

BTQ/BTA/BTKS

35

5

120

v

v

11

Bahasa Inggris

35

5

120

v

V

 

3.    USBN untuk Pendidikan Agama dan Budi Pekerti bagi peserta didik Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) diatur tersendiri oleh Kementerian Agama.

4.    Kisi-kisi ujian praktik mata pelajaran lain di luar mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan, Seni Budaya, Ketrampilan/Prakarya, seperti mata pelajaran Agama, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris sepenuhnya disiapkan oleh satuan pendidikan mengacu pada kompetensi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

 

C.    Penggandaan Naskah Soal USBN-US/M

Penggandaan naskah soal USBN dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang atau Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang dan atau satuan Pendidikan.

 

D.    Jadwal USBN dan US/M

Jadwal USBN sesuai yang diatur dalam POS USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 ditentukan sebagai berikut.

                         

No.

Jenis US

Hari dan Tanggal

Pukul

Mata Pelajaran

1.

USBN Utama

Senin, 22 April 2019

08.00–10.00

 Bahasa Indonesia

 

USBN Susulan

Jum’at, 26 April 2019

2.

USBN Utama

Selasa, 23 April 2019

08.00–10.00

 Matematika

USBN Susulan

Senin, 29 April 2019

3.

USBN Utama

Rabu, 24 April 2019

08.00–10.00

 Ilmu Pengetahuan Alam

 (IPA)

USBN Susulan

Selasa, 30 April 2019

 

Jadwal US/M ditentukan sebagai berikut.

No.

Jenis US

Hari dan Tanggal

Pukul

Mata Pelajaran

1.

US/M Utama

Senin, 6 Mei 2019

07.30–09.30 10.00–12.00

Pendidikan Agama

PKn

US/M Susulan

Kamis, 9 Mei 2019

2.

US/M Utama

Selasa, 7 Mei 2019

07.30–09.30 10.00–12.00

Ilmu Pengetahuan Sosial

Bahasa Inggris

US/M Susulan

Jumat, 10 Mei 2019

3.

US/M Utama

Rabu, 8 Mei 2019

07.30–09.30 10.00–12.00

Bahasa Jawa BTQ/BTA/BTKS

US/M Susulan

Sabtu, 11 Mei 2019

4.

US/M Utama

Senin, 13 Mei 2019

07.30–09.30

  Penjasorkes  (K13)

US/M Susulan

Selasa, 14 Mei 2019

 

 

E.    Moda Pelaksanaan USBN - US/M

USBN – US/M dilakukan dengan moda ujian berbasis kertas dan soal meliputi bentuk soal pilihan ganda dan soal uraian.

 

F.    Pengaturan Ruang/Tempat, Pengawas, Tata Tertib Pengawas dan Peserta US/M mengacu pada  ketentuan tentang ruang/tempat, pengawas, tata tertib pengawas dan tata tertib peserta USBN diatur dalam POS USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 Bab XI.

 

G.    Pemeriksaan dan Pengolahan Hasil USBN dan US/M

Proses pemeriksaan dan pengolahan hasil USBN dan US/M diatur sebagai berikut.

A.    Soal Bentuk Pilihan Ganda

Lembar jawab USBN diperiksa dengan menggunakan alat pemindai di tingkat Kabupaten Magelang sedangkan Lembar jawab US/M bentuk pilihan ganda diperiksa secara manual oleh Kelompok Guru ditingkat Satuan Pendidikan atau Kecamatan.

B.    Soal Bentuk Uraian

1. Lembar jawab USBN bentuk uraian diperiksa secara manual oleh dua orang guru sesuai mata pelajarannya di tingkat Satuan Pendidikan atau Kecamatan, mengacu pada pedoman penskoran sedangkan Lembar jawab US/M bentuk uraian diperiksa secara manual oleh Kelompok Guru ditingkat Satuan Pendidikan atau Kecamatan.

2. Jika terdapat selisih nilai antara kedua pemeriksa lebih dari 25% dari skor maksimum, pimpinan satuan pendidikan atau koordinator kecamatan menugaskan pemeriksa ketiga.

3. Nilai akhir soal bentuk uraian adalah rerata nilai dari semua pemeriksa.

C. Pengolahan Hasil USBN dan US/M

1. Nilai USBN dan US/M merupakan gabungan nilai soal pilihan ganda dan nilai soal uraian, dengan rentang nilai 0 - 100.

2. Sekolah menentukan pembobotan nilai pilihan ganda dan uraian dengan perbandingan yang proporsional, misalnya 75% untuk Pilihan Ganda dan 25% untuk uraian.

3. Penggabungan dilakukan oleh panitia kabupaten sebagai bahan penerbitan sertifikat hasil ujian sekolah.

 

VI.     KRITERIA PENCAPAIAN KOMPETENSI LULUSAN BERDASARKAN HASIL USBN

Kriteria kelulusan, Penetapan Kelulusan dan Pengumuman Kelulusan Satuan Pendidikan sebagimana diatur dalam POS USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 bab XIII.

 

VII.   PEMANTAUAN, EVALUASI, DAN PELAPORAN

1.    Pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan USBN dan US/M dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan KabupateN Magelang sesuai tugas dan kewenangannya.

2.    Laporan hasil pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan USBN-US/M dimanfaatkan untuk pemetaan mutu pendidikan di tingkat Kabupaten Magelang serta sebagai bahan pembinaan dan pemberian bantuan kepada sekolah.

3.    Satuan pendidikan menyusun laporan penyelenggaraan USBN dan mengirimkannya kepada dinas pendidikan kabupaten.

 

VIII. BIAYA PELAKSANAAN USBN

1.    Biaya penyelenggaraan dan pelaksanaan USBN-US/M bersumber dari anggaran Satuan Pendidikan, Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Magelang dan/atau sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2.    Biaya pelaksanaan USBN dan US/M di satuan pendidikan sebagaimana diatur dalam POS USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 bab XIV.

 

IX.     KEJADIAN LUAR BIASA

Sebagaimana diatur dalam POS USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 bab XVI.

 

 

Kota Mungkid, 8 Januari 2019

  

                                                                                   Plt.   Kepala DISDIKBUD

Kabupaten Magelang

Asisten Administrasi Umum

 

     

 

Drs. ENDRA ENDAH WACANA, MM.

Pembina Utama Muda

NIP. 19630908 198903 1 008

 


JADWAL AGENDA KEGIATAN UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)

JENJANG SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MAGELANG

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

NO

TANGGAL

KEGIATAN

LOKASI

KETERANGAN

1

sd. 29 Januari 2019

Revisi Pendaftaran Peserta UN On Line Lewat Bio Sistem

Sek/Kab

Oprt. Sekolah

2

3 – 5 Jan 2019

Workshop Penyusunan Kisi-Kisi Naskah US/  UCO/PTS/PAS

Kab.

3

29 – 31 Jan 2019

Uji Coba Ujian Sekolah Tk. Kab. 1

Sekolah

3 Mapel

4

6 - 8 Feb 2019

Bedah SKL Bagi Guru Kelas VI

Kab.

5

11 - 15 Feb 2019

Ulangan Tengah Semester (UTS)

Sekolah

Kep. Sekolah

6

15 Februari 2019

Sekolah menyerahkan data peserta ke Kab. berdasarkan aplikasi pendataan tahun 2018

Sek/Kab

Kep. Sekolah

7

26-28 Feb 2019

Penyusunan  Naskah Soal USBN oleh KKG

Kab

Pan. Kab

8

28 Februari 2019

Kabupaten merekapitulasi data peserta.

Sek/Kab

Kep. Sekolah

9

26 – 28 Feb 2018

Uji Coba Ujian Sekolah Tk. Kab. 2

Sekolah

3 Mapel

10

5 Maret  2019

Kabupaten mencetak dan mendistribusikan DNS ke satuan pendidikan untuk divalidasi

Kab

Pan. Kab

11

17 - 22 Mar 2019

Ulangan Akhir Semester (UAS)

Sekolah

Kep. Sekolah

12

29 Maret 2019

Satuan pendidikan mengirimkan hasil validasi  DNS ke Kabupaten

Sekolah

Kep. Sekolah

13

31 Maret 2019

Kabupaten mendistribusikan DNT ke SD

Kab

Pan. Kab

14

31 Maret 2019

Sekolah mencetak Kartu Peserta US/M

Sekolah

Kep. Sekolah

15

1-6 April 2019

Ujian Sekolah Praktik

Sekolah

Kep. Sekolah

16

11 -15 April 2019

Uji Coba Ujian Sekolah Tk. Kab. 3

Sekolah

9 Mapel

17

19 April 2019

Distribusi Bahan USBN dari Perctkn ke Kab.

Kudus

Pan. Kab

18

20 April 2019

Distribusi Bahan USBN dari Kab. ke Kec.

Kab

Pan. Kec

19

22 - 24 April 2019

USBN Utama

Sekolah

Kep. Sekolah

20

Distribusi Soal USBN dari Kec. ke Sekolah

UPT

Pan. Kec

21

Pengiriman LJU dari Sekolah ke Kec

Sekolah

Kep. Sekolah

22

Monitoring

Sekolah

UPT,Dns,Depag

23

26 – 30 April 2019

USBN Susulan

Sekolah

Kep. Sekolah

24

1 Mei 2019

USBN Mapel Pend. Agama

Sekolah

Kep. Sekolah

25

1 - 3 Mei 2019

Koreksi Sekolah Bersama Mapel USBN

Sek/UPT

Pan. Kec

26

4 Mei 2019

Analisa Hasil USBN

Sek/UPT

Kep. Sekolah

27

3 - 4 Mei 2019

Distribusi Bahan US dari Kab. ke Kec.

Kab

Pan. Kec

28

6 - 8 Mei 2019

Ujian Sekolah Utama

Sekolah

Kep. Sekolah

29

Distribusi Soal US dari Kec. ke Sekolah

UPT

Pan. Kec

30

Pengiriman LJU dari Sekolah ke Kec

Sekolah

Kep. Sekolah

31

Monitoring

Sekolah

UPT,Dns,Depag

32

9 - 11 Mei 2019

Ujian Sekolah Susulan

Sekolah

Kep. Sekolah

33

13 - 15 Mei 2019

Koreksi Ujian Sekolah

Sekolah

6 Mapel

34

13 – 15 Mei 2019

Laporan Hasil USBN Ke Kab.

Sek/UPT

Kep. Sekolah

35

16 – 22 Mei 2019

Pengolahan Nilai Hasil USBN

Kab

Pan. Kab

36

22 – 31 Mei 2019

Penerbitan Daftar Kolektif Hasil USBN

Kab

Pan. Kab

37

Penerbitan SHUSBN

Kab

Pan. Kab

38

10 Juni 2019

Distribusi DKHU dan SHUSBN

Kab

Pan. Kab

39

11 Juni 2019

Rapat Penegasan Kelulusan

UPT

Kep. Sekolah

40

Laporan Kilat Kelulusan dari UPT ke Kab.

UPT

Ka UPT

41

12 Juni 2019

Pengumuman hasil Ujian Sekolah

 Sekolah

Kep. Sekolah

42

Penerbitan SHUS/M Sementara

 Sekolah

Kep. Sekolah

43

13 Juni 2019

Pengambilan SHUSBN Asli

 UPT

 Kep. Sekolah

44

Pengambilan Blanko Ijasah

 UPT

 Kep. Sekolah

45

Penjelasan Penulisan Ijasah

 UPT

 Kep. Sekolah

46

Penulisan Ijasah

 Sekolah

 Kep. Sekolah

47

Pembagian / Penyerahan Ijasah ke siswa

 Sekolah

 Kep. Sekolah

 

 

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN MAGELANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SEKOLAH DASAR NEGERI SEWUKAN 1

KECAMATAN DUKUN

Alamat : Jln. Suko-Sewukan, Wuni, Sewukan, Dukun, Magelang. *  56482

 

 

 


     

 


KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI SEWUKAN 1

Nomor :        /               /           / 2019

tentang

PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN UJIAN SEKOLAH DASAR/MADRASAH

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

Kepala Sekolah Dasar Negeri Sewukan 1 Kecamatan Dukun

 

Menimbang          :        Bahwa  dalam  rangka pelaksanaan Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0048/BSNP/XI/2018 tanggal 29 November 2018 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019 perlu menetapkan Petunjuk Teknis penyelenggaraan Ujian Sekolah pada SD NEGERI SEWUKAN 1 Tahun Pelajaran 2018/2019.

Mengingat            :        1.   Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

                                              2.   Peraturan Pemerintah Nomor  19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

                                              3.   Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan

                                              4.   Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

5.   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

6.   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah atau Bentuk Lain yang Sederajat.

7.   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

8.   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

9.   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah

 

Memperhatikan   :        Usul dan saran pada rapat dewan guru dan komite sekolah tanggal  …………….. 2019.

MEMUTUSKAN

Menetapkan         :

PERTAMA             :       Petunjuk Teknis Ujian Sekolah/Madrasah pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah*) NEGERI SEWUKAN 1 Kecamatan Dukun Tahun Pelajaran 2018/2019 sebagaimana tercantum dalam lampiran keputusan ini.

KEDUA                  :       Jika terdapat kekeliruan dalam keputusan ini di kemudian hari akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

KETIGA                  :       Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan sampai dengan kegiatan Ujian Sekolah/Madrasah*)  tahun  pelajaran 2018/2019 berakhir.

 

                                                                                                                                Ditetapkan di        :  …………..……………                                                                                                                       Pada Tanggal      :  ………………… 2019  

 

                                                                                                                                TH. Srimulyani, S.Pd.SD

NIP. 19660515 198807 2 002

Tembusan :

a.   Kepala Disdikbud Kabupaten Magelang.

b.   Kepala UPT Disdikbud Kecamatan Dukun

 

*) Coret yang tidak perlu.

 

 

 

 

 

 


PEMERINTAH KABUPATEN MAGELANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SEKOLAH DASAR NEGERI ...............................

KECAMATAN ……………………….

Alamat : Jln. .................. No. ..., ........................... , Magelang. *  ........... Telp.(0293) ..............

 


KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI ..............................................

CONTOH

 
Nomor :     /       /    / 2019

tentang

KRITERIA KELULUSAN MINIMAL (KKM) UJIAN SEKOLAH (US)

 TAHUN PELAJARAN  2018 / 2019

 

Kepala Sekolah Dasar Negeri ....................................... Kecamatan …………………..

Menimbang           :     Peraturan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0048/BSNP/XI/2018 tanggal 29 November 2018 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019 perlu menetapkan Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) siswa kelas VI pada SD/MI *)  ......................................

Mengingat             :     1.   Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

                                 2.   Peraturan Pemerintah Nomor  19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

                                 3.   Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan

                                 4.   Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

                                 5.     Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

                                 6.     Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah atau Bentuk Lain yang Sederajat.

                                 7.     Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

                                 8.     Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

                                 9.     Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah

Memperhatikan      :    Usul dan saran pada rapat dewan guru dan komite sekolah tanggal ……………… 2019.

 

MEMUTUSKAN

Menetapkan       :

PERTAMA           :     Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran 2018/2019 SDN ..........................................  sebagaimana tercantum dalam  lampiran Surat Keputusan ini.

 

KEDUA               :     Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan sampai dengan kegiatan Ujian Sekolah tahun  pelajaran 2018/2019 berakhir.

            Mengetahui                                                        Ditetapkan di      : ...............................

            Ketua Komite Sekolah                                         Pada Tanggal     : ………………………… 2019  

                                                                                    Kepala Sekolah,  

 

 

            ..................................................                                  ...................................................

                                                                                    NIP. .....................................

Tembusan :

a.     Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang.

b.     Kepala UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan .......................

                                                           

 

                                   

 

           

CONTOH

 

 

 
 

 


Lampiran    :    KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI ..................................

Nomor       :          /           / 2019,     Tanggal        ............... 2019

Tentang     :    Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran 2018/2019

 

A.   Nilai Per Mata Pelajaran  sebagai berikut:

 

No.

 

Mata Pelajaran

US/M

Tulis Prop

Tulis

Praktek

1

Pendidikan Agama :

 

 

 

1)   Pendidikan Agama Islam

x

...........

...........

2)   Pendidikan Agama Kristen

x

...........

x

3)   Pendidikan Agama Katolik

x

...........

...........

4)   Pendidikan Agama Hindhu

x

...........

x

5)   Pendidikan Agama Budha

x

...........

...........

2

Pendidikan Kewarganegaraan

x

...........

x

3

Bahasa Indonesia

...........

x

...........

4

Matematika

...........

x

x

5

Ilmu Pengetahuan Alam

...........

x

...........

6

Ilmu Pengetahuan Sosial

x

...........

x

7

Seni Budaya dan Keterampilan

x

x

...........

8

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

x

x

...........

9

Bahasa Jawa

x

...........

...........

10

Baca Tulis Al Qur’an

 

 

 

1)   Pendidikan Agama Islam

 

...........

...........

2)   Pendidikan Agama Kristen

 

...........

...........

3)   Pendidikan Agama Katolik

 

...........

...........

4)   Pendidikan Agama Hindhu

 

...........

...........

5)   Pendidikan Agama Budha

 

...........

...........

11

Bahasa Inggris

x

...........

...........

Rata-rata

...........

...........

...........

 

B.   Nilai Akhir (NA) :

 

No.

 

Mata Pelajaran

 

NA

1

Pendidikan Agama

 

1)   Pendidikan Agama Islam

............

2)   Pendidikan Agama Kristen

............

3)   Pendidikan Agama Katolik

............

4)   Pendidikan Agama Hindhu

............

5)   Pendidikan Agama Budha

............

2

Pendidikan Kewarganegaraan

............

3

Bahasa Indonesia

............

4

Matematika

............

5

Ilmu Pengetahuan Alam

............

6

Ilmu Pengetahuan Sosial

............

7

Seni Budaya dan Keterampilan

............

8

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

............

9

Bahasa Jawa

............

10

Baca Tulis Al Qur’an

 

1)   Pendidikan Agama Islam

............

2)   Pendidikan Agama Kristen

............

3)   Pendidikan Agama Katolik

............

4)   Pendidikan Agama Hindhu

............

5)   Pendidikan Agama Budha

............

11

Bahasa Inggris

............

Rata-rata seluruh mata pelajaran

6,00

 

C.  Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal Baik.

 

D.  Kehadiran peserta didik pada program pembelajaran dari semester 1 kelas IV sampai semester 2 kelas VI minimal 75%.

 

 

                                    Mengetahui,                                                       Kepala Sekolah,

                                    Ketua Komite Sekolah

 

 

                                    …………………………...                                            ……………………………

                                                                                                            NIP. …………………..

 

Lampiran    :    KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH   ..................................

Nomor       :            /           / 2019,     Tanggal    .................. 2019

Tentang     :    Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2018/2019

 

A.             Nilai Per Mata Pelajaran  sebagai berikut:

 

No.

 

Mata Pelajaran

US/M

Tulis Prop

Tulis

Praktek

1

Pendidikan Agama :  

 

 

 

1)   Al Qur’an-Hadis

x

...........

...........

2)   Akidah-Akhlak

x

...........

x

3)   Fikih

x

...........

...........

4)   Sejarah Kebudayaan Islam

x

...........

x

5)   Bahasa Arab

x

...........

...........

2

Pendidikan Kewarganegaraan

x

...........

x

3

Bahasa Indonesia

...........

x

...........

4

Matematika

...........

x

x

5

Ilmu Pengetahuan Alam

...........

x

...........

6

Ilmu Pengetahuan Sosial

x

...........

x

7

Seni Budaya dan Keterampilan

x

x

...........

8

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

x

x

...........

9

Bahasa Jawa

x

...........

...........

10

Bahasa Inggris

x

...........

...........

Rata-rata

...........

...........

...........

 

A.   Nilai Akhir (NA) :

 

No.

 

Mata Pelajaran

 

NA

1

Pendidikan Agama

 

6)   Al Qur’an-Hadis

............

7)   Akidah-Akhlak

............

8)   Fikih

............

9)   Sejarah Kebudayaan Islam

............

10)Bahasa Arab

............

2

Pendidikan Kewarganegaraan

............

3

Bahasa Indonesia

............

4

Matematika

............

5

Ilmu Pengetahuan Alam

............

6

Ilmu Pengetahuan Sosial

............

7

Seni Budaya dan Keterampilan

............

8

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

............

9

Bahasa Jawa

............

10

Bahasa Inggris

............

Rata-rata seluruh mata pelajaran

6,00

 

C.  Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal Baik.

 

D.  Kehadiran peserta didik pada program pembelajaran dari semester 1 kelas IV sampai semester 2 kelas VI minimal 75%.

     

 

 

                                    Mengetahui,                                      Kepala Madrasah,

                                    Ketua Komite Madrasah

 

 

 

                                    ……………………………..                          ……………………………….

                                                                                           NIP.

 

 

 

 

 

 

 


ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق

Aksi Nyata Modul 1.1 Penerapan FIlosofi Ki Hajar Dewantara di Kelas dan di Sekolah

 Di bawah ini merupakan Link materi Aksi Nyata Modul 1.1 Penerapan FIlosofi Ki Hajar Dewantara di Kelas dan di Sekolah. (Aris Margo Susanto)...