الخميس، 31 أغسطس 2023

KESIMPULAN DAN REFLEKSI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA

 

 



Hallo insan pendidik yang berbahagia, perkenalkan saya Aris Margo Susanto, S.Pd.I mengajar di SD Negeri Sewukan 1 Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang CGP Angkatan 9. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sedikit tentang kesimpulan  dan refleksi yang saya dapatkan selama mempelajari filosofi Ki Hajar Dewantara. Semoga melalui tulisan saya ini bisa memahami arti dari Merdeka belajar untuk siswa.

         Pembelajarn adalah proses interaksi antara guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik pada suatu lingkungan belajar. Selain itu pembelajaran merupakan suatu proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik melalui proses perolehan ilmu, penguasaan serta pembentukan sikap peserta didik.

        

 Sebagai seorang pendidik (guru) harus melaksanakan dasar kerja pendidik seperti yang telah di cetuskan oleh Ki Hajar Dewantara yaitu : Ing Ngarsa Sung Tulodho (di depan memberi teladan), Ing Madya Mangun Karsa (ditengah membangun semangat, kemauan), Tut Wuri Handayani (dibelakang memberi dorongan) yang dalam pelaksanaannya pendidik harus berkolaborasi dengan orang tua maupun Masyarakat.

         Menurut Ki Hajar Dewantara, Pendidikan berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Dalam kodrat alam disini kita sebagai seorang pendidik harus memberikan teladan yang baik demi membentuk karakter siswa yang mereka terapkan baik di sekolah, rumah maupun Masyarakat. Sedangkan kodrat zaman, pada Pendidikan global saat ini menekankan pada kemampuan anak untuk memiliki kemampuan yang bisa mengikuti sesuai perkembangan jaman yang lebih menjurus ke digitalisasi Pendidikan.

 Setelah saya mempelajari dan merefleksikan filosofis Pemikiran Ki Hajar Dewantara, ada beberapa pokok penting sebagai bekal saya sebagai Calon Guru Penggerak yang memerdekakan anak dalam proses belajar.

 1.     Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1

Menurut saya, siswa sebagai peserta didik adalah ibarat kertas kosong yang harus kita gores untuk menjadi sebuah buku yang baik. Seorang guru bertugas mentransfer pengetahuan dan keterampilan anak. Yang mana apa yang diberikan sudah satu paket dengan yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Pembelajaran adalah proses membuat peserta didik menjadi aktif. Pembelajaran disini terpusat pada peran guru sebagai pendidik yang sangat dominan. Pembelajaran adalah kegiatan belajar mengajar di dalam ruang kelas. Dan Saya lebih terfokus ke tuntutan kompetensi sesuai kurikulum dan cenderung melaksanakan pembelajaran sesuai apa yang tertulis dalam kurikulum dan harus menyelesaikan dalam satu semester sesuai dengan target kurikulum. 

 

Dalam pembelajaran di kelas saya terfokus untuk target kurikulum dengan mengajar, memberikan tugas. Saya berpikir sangat mudah dalam mengajar karena memberikan materi, Tugas dan anak bisa mengumpulkan tepat waktu tanpa merefleksikan tentang pembelajaran yang memerdekakan anak. Dan saya juga sering mengeluh karena ada sebagian anak yang tidak mengumpulkan tugas, sulit di atur dan lambat berpikir walaupun soal-soal  dan materi itu saya sudah jelaskan. Dan terkadang saya juga menngunakan metode ancaman agar siswa-siswa mau menyelesaikan tugas yang saya berikan. Dan Ternyata metode seperti itu tidak salah atau tidak diperkenankan dalam proses Pembelajaran.

 

2.     2. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini?

Pemikiran atau prilaku saya setelah  mempelajari filosofi pendidikan dari Ki Hajar Dewantara. Saya menyadari kekeliruan bahwa selama ini berpendapat bahwa, pembelajaran hanya berpusat pada seorang guru yang mengajarkan pembelajaran ke siswa. Perubahan yang saya rasakan dari mempelajari filosofis Ki Hajar Dewantara dalam  Proses Pembelajaran yang dilakukan di kelas bertujuan untuk mendidik anak sebagai Subjek bukan Objek (Karena anak adalah pusat pendidikan).

Dalam pembelajaran tidak menghendaki Paksaan-paksaan melainkan memberi “tuntunan” bagi hidup anak agar dapat berkembang dengan selamat, baik lahir maupun batinnya. Menyadari bahwa setiap anak itu istimewa, unik, dan memiliki potensi dalam dirinya.  Anak dididik di sekolah sesuai dengan bakat dan minat. Pendidik sebagai Tut Wuri Handayani berperan menuntun, mengasuh, membimbing anak sesuai kodratnya agar jiwanya merdeka lahir dan bathin. Guru memberikan kebebasan pada anak dalam memilih gaya belajar yang mereka sukai. Dari yang tadinya hanya menuruti instruksi akan berubah menjadi Merdeka Belajar “. 

Merdeka Belajar yang saya lakukan di Kelas,  mata pelajaran saya Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Sewukan 1, dengan materi Shalat. dalam materi ini  saya menjelaskan materi pembelajaran saya, dan saya  membebaskan siswa untuk menggunakan bacaan shalat sesuai dengan kepercayaannya. Ada yang menggunakan kabiro, ada yang menggunakan ba’it baini.

 

Dalam hal ini, Kita sebagai pendidik harus berusaha menjadi pemimpin yang memerdekakan dan memberi teladan, memberi semangat, memberi dorongan dan serta mengayomi peserta didik, Guru menjadi fasilitator dan motivator dalam pembelajaran sebagai mitra belajar bagi peserta didik.Karena tujuan dari pendidikan kita harus berfokus pada murid, murid dan murid. Pendidik adalah penuntun sehingga dalam pembelajaran di sekolah tugas guru menuntun, membimbing peserta didik dalam mencari dan menemukan konsep-konsep teori dan membantu mereka menerapkan konsep dan teori yang sudah mereka pelajari dalam kehidupannya sehingga anak-anak atau peserta didik tidak kehilangan arah dan membahayakan hidupnya.

 

3.     3. Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD?

a.     Saya sebagai pendidik harus disiplin dalam waktu ke sekolah

b.     Jadilah Seorang guru yang bersahabat dengan peserta didik agar siswa merasa nyaman ketika melakukan proses pembelajaran.

c.     Guru harus menjadi teladan, memberi semangat, memberi dorongan dalam menanamkan nilai karakter kedisiplinan dan kerjasama, tolong menolong dalam setiap kegiatan yang ada disekolah.

d.     Mendorong dan memotivasi peserta didik untuk saling berbagi solidaritas jika ada salah satu warga sekolah yang mengalami kekurangan misalnya alami musibah, orang tua meninggal, membiasakan anak mencintai lingkungan kelas/ sekolah.

e.     Meningkatkan karakter anak dengan pembiasaan dengan cara saling menghormati antar peserta didik dengan gurun dan peserta didik yang satu dengan peserta didik lainnya.

Diakhir Tulisan saya ini, saya ingin menyimpulkan bahwa Peserta didik diberi kebebasan untuk bereksplorasi, berinovasi dan mengembangkan potensi sesuai dengan kodratnya masing-masing. Tugas kita sebagaiseorang guru, memberikan tuntunan, arahan, bimbingan agar kemerdekaan mereka tidak terpengaruh oleh hal-hal negatif yang datang. Belajar bisa dilakukan dimanapun sesuai konteksnya. Semua tempat adalah sekolah, semua rumah adalah sekolah. Untuk itu, guru harus terus mengembangkan kompetensinya agar bisa beradaptasi dengan perubahan. Kita harus memahami peserta didik sebagai individu yang unik, khas sesuai kodratnya. 

Refleksi Pemikiran Filosofis Ki Hajar Dewantara, Saya ingin mengajak para pendidik semua untuk lebih memahami tentang Dasar Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hajar Dewantara, sehingga kita dapat mentransformasikan perubahan ekosistem belajar yang terpusat kepada Anak, Anak dan anak. 

 

الأربعاء، 7 يونيو 2023

السبت، 3 يونيو 2023

Download Ucapan Hari Waisak 2023


 

Download Ucapan Selamat Kepala Sekolah baru SD Negeri Sewukan 1


 

Dokumentasi Lomba FLS2N 2023 SD Negeri Sewukan 1








 Dalam ajang Lomba FLS2N Kecamatan Dukun 2023 SD Negeri Sewukan 1 memperoleh :

1. Juara 2 Lomba Menyanyi Tunggal

2. Juara 2 Lomba Kriya

3. Juara 2 Lomba Pantomim

4. Juara 2 Lomba Menari

5. Juara Harapan 3 Lomba Cerita Bergambar

Download Ucapan PAS/SAS Semester II SD Negeri Sewukan 1


Selamat Menempuh Penilaian Akhir Semester II/Sumatif Akhir Semester II Siswa kelas 1-5 SD Negeri Sewukan 1. Semoga selalu dalam Ridho Allah SWT.



 

الاثنين، 29 مايو 2023

Download ucapan Terima Kasih Bapak Sarindi, S.Pd.SD



 Maturnuwun Pak Sarindi, S.Pd.SD atas kebersamaan, kerjasama dan dedikasinya selaman menjabat Kepala Sekolah di SD Negeri Sewukan 1. Sukses selalu dan sampai jumpa dikebersamaan lain waktu.

الاثنين، 22 مايو 2023

JUKNIS MAPSI SD 2023 DUKUN MAGELANG


 

1.  LOMBA PENGETAHUAN PAI DAN BTQ

 

a.  Peserta terdiri dari 1 putra dan 1 putri, utusan dari masing-masing kabupaten/kota

b.  Peserta membawa laptop yang telah dipastikan dapat dipergunakan untuk membuka link google form, Googel Form disetting hanya untuk pengiriman sekali.

c.  Peserta mengerjakan soal online, secara mandiri, tanpa dibantu oleh orang lain.

d.  Peserta hanya diberikan waktu 1 (satu) kali pengerjaan. Apabila soal belum dikerjakan, namun telah terkirim, maka peserta dinyatakan telah selesai mengerjakan soal. Gogel form akan disetting hanya satu kali pengiriman respon/jawaban.

e.  Jika terdapat perolehan nilai yang sama, maka untuk menentukan pemenangnya adalah yang mengirimkan lebih dulu.

f.   Dibuatkan group WA peserta putra dan putri untuk Latihan.

g.  Diadakan simulasi 1 jam sebelum pelaksanaan lomba. (disesuaikan dengan jadwal lomba).

h.  Materi Lomba meliputi muatan Pelajaran PAI dan BTQ dari Kurikulum 2013 (Kelas II, III, V, dan VI) dan Kurikulum Merdeka (Kelas I dan IV)

i.   Waktu mengerjakan : 90 menit (1,5 jam)

j.   Jumlah soal 100 item, terdiri dari PAI 75, BTQ : 25. Dengan bentuk soal pilihan ganda.

k.  Juri akan memilih dan menetapkan juara 1, juara 2, dan juara 3 serta juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3.

 

 

 

REKAP PENILAIAN PENGETAHUAN PAI DAN BTQ

 

 

No. Undian

 

Jawaban

Salah

 

Jawaban

Benar

 

Nilai

Waktu

Pengiriman

Jawaban

 

Rangking

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


2.  LOMBA PRAKTIK WUDU DAN SALAT

 

a.  Peserta terdiri dari 1 putra dan 1 putri, utusan dari masing-masing Kabupaten/kota

b. Setiap  peserta  melaksanakan  lomba  praktik  wudu  dan  praktik  salat  (dalam pelaksanaannya, dapat dilaksanakan secara terbalik: salat dulu, baru wudu atau sebaliknya, tergantung kebijakan dewan juri).

1)   Praktik Wudu

a)   Peserta mempraktikkan gerakan dan bacaan wudu, sesuai dengan materi yang terdapat pada Kurikulum 2013 PAI SD (dimulai dari bacaan niat sampai selesai dilanjutkan dengan doa setelah wudu).

b)   Penilaian meliputi: gerakan, bacaan, tartil, dan tertib. c)    Waktu penampilan maksimal 7 menit.

2)   Praktik Salat

a)   Peserta mempraktikkan gerakan dan bacaan 1 rakaat salat, dengan lafalz niat salat maghrib, dimulai dari niat sampai dengan salam, membaca Surah al-Fatihah (wajib) dan Surah At Tin (sunah).

b)   Penilaian meliputi: gerakan, bacaan, tartil, dan tertib.

c)    Penilaian Bacaan solat sesuai dengan yang diajarkan oleh pembinanya. (Contoh untuk doa iftitah, boleh menggunakan versi Kabirau dst atau Allahumma bait baini dst)

d)   Waktu penampilan maksimal 7 menit.

c.  Bacaan wudu dan salat yang dilagukan maupun tidak dilagukan tidak berpengaruh pada penilaian juri.

d.  Penilaian dilakukan secara komulatif dari nilai praktik salat dan wudu yang dilakukan peserta.

e.  Juri akan memilih dan menetapkan juara 1, juara 2, dan juara 3 serta juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3.

 

RENTANG PENILAIAN PRAKTIK WUDU

 

NO

Aspek yang dinilai

Skor Maksimal

Nilai

1.

Lafal Niat

15

 

2.

Membasuh kedua telapak tangan

5

 

3.

Berkumur

5

 

4.

Membersihkan hidung

5

 

5.

Membasuh muka

10

 

                                 

6.

Membasuh kedua tangan

10

 

7.

Mengusap/membasuh kepala

10

 

8.

Mengusap/membasuh telinga

10

 

9.

Mencuci kaki

10

 

10.

Tertib

10

 

11.

Doa setelah wudlu

10

 

 

Jumlah

100

 

 

1.1. PRAKTEK SALAT

RENTANG PENILAIAN PRAKTIK GERAKAN DAN BACAAN SALAT

 

 

N0

 

Unsur filiyah dan qauliyah serta tartil yang dinilai

Skor

Maksimal

Jumlah

Kesalahan

 

Nilai

1

Berdiri tegak menghadap kiblat

 

15

 

 

2

Mengucapkan lafal niat

3

Mengucapkan takbīratul ihrām

4

Mengangkat kedua tangan ketika takbīratul ihm

 

10

 

 

5

Berdiri tegak tangan bersedekap

6

Membaca doa Iftitah

10

 

 

7

Membaca surah al Fātihah

35

 

 

8

Membaca Surah at-tiin

50

 

 

9

Gerakan intiqal dengan mengucapkan takbir

 

10

 

 

10

Melakukan rukuk

11

Membaca tasbih ketika rukuk

 

15

 

 

12

Gerakan intiqal untuk iktidal dengan mengucapkan tasmi’

13

Membaca rabbana lakal hamdu dan seterusnya

14

Gerakan intiqal dengan mengucapkan takbir

 

10

 

 

15

Melakukan sujud pertama

16

Membaca tasbih sujud pertama

 

10

 

 

17

Gerakan intiqal dengan mengucapkan takbir

18

Duduk iftirasy baina sajdatain

5

 

 

19

Membaca rabbigfirlī warhamnī dan seterusnya

 

10

 

 

20

Gerakan intiqal dengan mengucapkan takbir

21

Melakukan sujud kedua

 

10

 

 

22

Membaca tasbih sujud kedua

23

Gerakan intiqal dengan mengucapkan takbir

 

 

 

 

 

 

50

 

 

24

Melakukan duduk tawarruk

25

Membaca tahiyyat

26

Membaca tasyahud (syahādatain)

27

Membaca salawat nabi Muhammad

28

Membaca salawat ibrahimiyah

29

Membaca fil ālamīna innaka hamīdun majīd

30

Membaca doa terhindar siksa kubur

31

Menoleh ke kanan untuk salam pertama

32

Mengucapkan salam pertama

33

Menoleh ke kiri untuk salam kedua

 

10

 

 

34

Mengucapkan salam kedua

 

JUMLAH

250

 

 

 


 

3.  LOMBA KETERAMPILAN AZAN DAN IQAMAH

 

a.  Peserta terdiri adalah 1 siswa putra, utusan dari masing-masing Kabupaten/kota

b.  Peserta     mengumandangkan     azan     subuh,     doa     sesudah     azan,     dilanjutkan mengumandangkan iqamah dalam versi bebas.

c.  Bacaan do’a sebelum azan dan sesudah iqamah, tidak dinilai.

d.  Waktu penampilan maksimal 7 menit.

e.  Juri akan memilih dan menetapkan juara 1, juara 2, dan juara 3 serta juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3.

 

RENTANG PENILAIAN KETRAMPILAN AZAN

 

 

No

Undian

 

 

Tampilan

Aspek yang dinilai

 

 

Jumlah

 

Nilai

Akhir

 

Vokal

Tajwid/

Makhraj

Keindahan

Suara

 

Adab

0-40

0-25

0-25

0-10

0-100

 

01

Adzan

 

 

 

 

 

 

Iqomah

 

 

 

 

 

 

02

Adzan

 

 

 

 

 

 

Iqomah

 

 

 

 

 

 

 


 

4.  LOMBA SENI TILAWATIL-QURAN

 

a. Peserta terdiri dari 1 putra dan 1 putri, utusan dari masing-masing Kabupaten/kota

b. Waktu maksimal penampilan 7 menit.

c.  Peserta memilih salah satu maqra lomba sebagai berikut:

a)  Dimulai dari Surah Al-Baqarah ayat 1. b)  Dimulai dari surah Al-Baqarah ayat 21. c)  Dimulai dari surah Al-Baqarah ayat 183. d)  Dimulai dari surah Ali Imran ayat 144.

e)  Dimulai dari surah Al-Isra’ ayat 1.

d. Penampilan  diawali  dengan  salam, membaca  ta’awuz, dan  basmalah,  diakhiri bacaan tasdiqah dan salam.

e. Juri akan memilih dan menetapkan juara 1, juara 2, dan juara 3 serta juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3.

 

RENTANG NILAI ASPEK TAJWID

 

PENILAIAN ASPEK TAJWID

NILAI MAK 30

 

No

 

Jenis yang dinilai

Salah jail

Salah Khafi

Jumlah

Pengurangan

 

Nilai Akhir

Brp kali

Jumlah

Brp kali

Jumlah

1.

Makharijul Huruf

 

X2=

 

X1=

 

 

2.

Sifatul Huruf

 

X2=

 

X1=

 

 

3.

Akhkamul Huruf

 

X2=

 

X1=

 

 

 

4.

Akhkamul Mad wal Qashr

 

 

X2=

 

 

X1=

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

f.

RENTANG PENILAIAN ASPEK LAGU DAN SUARA

 

PENILAIAN ASPEK LAGU DAN SUARA

Nilai Mak 40

 

No.

Aspek yang dinilai

 

Nilai

Pengura ngan

 

Jumlah

 

Perolehan

 

Catatan

1.

SUARA

Mak

Min

 

 

 

 

 

1. Kejernihan

3

1

 

 

 

 

 

2. Kehalusan

3

1

 

 

 

 

 

3. Kenyaringan

3

1

 

 

 

 

 

4. Keutuhan

3

1

 

 

 

 

 

5. Pengaturan

Nafas

 

3

 

1

 

 

 

 

2.

LAGU

 

 

 

 

 

 

 

1. Lagu pertama

dan penutup

 

5

 

1

 

 

 

 

 

2. Jumlah lagu

5

1

 

 

 

 

 

3. Peralihan keutuhan/tempo lagu

 

5

 

1

 

 

 

 

 

4. Irama dan gaya

5

1

 

 

 

 

 

5. Gaya/Variasi

5

1

 

 

 

 

 

JUMLAH

 

 

 

 

 

 

            RENTANG PENILAIAN ASPEK FASHOHAH DAN ADAB

 

PENILAIAN ASPEK FASHOHAH DAN ADAB

NILAI MAK 30

 

No

 

Jenis yang dinilai

Salah jail

Salah Khafi

Jumlah

Pengurangan

 

Nilai Akhir

Brp kali

Jumlah

Brp kali

Jumlah

 

1.

Ahkamul Waqf

wal ibtida'

 

 

X2=

 

 

X1=

 

 

 

2.

Mura'atul huruf

wal harakat

 

 

X2=

 

 

X1=

 

 

 

3.

Mura'atul kalimat

wal ayat

 

 

X2=

 

 

X1=

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 


 

5.  LOMBA SENI HIFZHIL QURAN

 

a.  Peserta terdiri dari 1 putra dan 1 putri, utusan dari masing-masing Kabupaten/kota b.  Waktu maksimal penampilan 10 menit.

c.  Peserta menghafalkan surah atau ayat Al-Qur’an dari sejumlah materi lomba yang telah

ditetapkan oleh panitia.

d.  Maqra lomba adalah: Surah Asy-Syams s.d. Surah al-Kafirun (19 Surah).

e.  Teknis lomba: : Peserta memilih maqro pertanyaan yang sudah disediakan juri dengan

kisi-kisi:

-     Meneruskan bacaan satu surat penuh (juri menyampaikan ayat pertama dari salah satu surat, peserta meneruskan ayat tersebut sampai akhir surat)

-     Teruskan ayat ini sampai juri menyatakan berhenti (Juri menyampaikan salah satu ayat, peserta meneruskan ayat tersebut sampai juri menyatakan berhenti) dimulai taawudz dan basmalah.

-     Sebutkan bacaan tajwidnya, (juri menyampaikan 2 bacaan potongan ayat yang ada hukum tajwidnya, peserta menyebutkan hukum tajwidnya)

-     Sebutkan ayat berapakah ini. (juri menyampaikan sebuah ayat, peserta menebak ayat berapakah itu)

f.    Setiap peserta akan mendapatkan 4 soal dari juri dengan ketentuan sebagai berikut :

-     Meneruskan ayat sampai yuri menyatakan berhenti. (Yuri menyampaikan ayat, Peserta meneruskan ayat tsb sampai melewati surat berikutnya). Dimulai Taawudz dan Basmalah.

-     Sebutkan bacaaan tajwidnya. (Dewan Juri menyampaikan bacaan yang ada hukum tajwidnya, seputar Hukum Nun Sukun / Tanwin bertemu huruf hijaiyah)

-     Sebutkan ayat berapa surat apa (Dewan Juri menyampaikan sebuah ayat)

-     Teruskan ayat ini sampai selesai surat. (Dewan Juri menyampaikan sebuah ayat dari salah satu Surat) Dimulai Basmalah

g.    Pemanggilan peserta dilakukan sesuai nomor undian lomba

h.   Juri akan memilih dan menetapkan juara 1, juara 2, dan juara 3, serta juara harapan 1, juara harapan 2 dan juara harapan 3.

 

RENTANG PENILAIAN HIFDZIL QURAN

 

 

 

 

No. Undian

ASPEK YANG DINILAI

 

 

 

Jumlah

 

Meneruskan satu ayat penuh

Tajwid

(Hukum Nun Sukun / Tanwin)

 

Tebak Surat dan Ayat

 

Sambung ayat dalam satu surat

0-50

0-50

0-50

0-50

0-200

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

6.  LOMBA SENI KALIGRAFI

 

a.  Peserta terdiri dari 1 putra dan 1 putri, utusan dari masing-masing kabupaten/kota

b.  Ketentuan Lomba : membuat kaligrafi dekoratif dari potongan surah/ayat dari Alquran atau potongan atau Al-Hadis, menyertakan sumber rujukan kaligrafi. Jenis dan bentuk hiasan (back ground) tulisan bersifat bebas. Peralatan untuk kaligrafi membawa sendiri.

c. Media : berupa kain kanvas dengan ukuran 40 x 60 cm, yang disediakan oleh Panitia. Tidak membawa contoh kaligrafi atau sket (blat) untuk membuat hiasan dalam kaligrafi.

d.  Waktu mengerjakan : maksimal 300 menit (5 jam).

e.  Materi lomba : Seni kaligrafi Al-Quran dapat dipilih salah satu dari potongan surah/ayat

Al-Qur’an, atau potongan Hadis Rasulullah.

f.   Kejuaraan : Kejuaraan cabang lomba  Kaligrafi yaitu yang mendapatkan nilai  tertinggi 1 sd 6 mendapat peringkat Juara 1, 2, 3 dan Harapan 1, 2, 3.

 

RENTANG PENILAIAN KAIDAH TULISAN

 

 

No. Undian

Aspek yang dinilai

 

Jumlah

Kebenaran Huruf

Cara Penulisan

Keserasian

0-50

0-25

0-25

0-100

 

 

 

 

 

 

RENTANG PENILAIAN KEINDAHAN TULISAN

 

 

No. Undian

Aspek yang dinilai

 

Jumlah

Bentuk Tulisan

Pewarnaan

Keindahan

0-50

0-25

0-25

0-100

 

 

 

 

 

 

 


 

7.  LOMBA SENI KHAT AL QURAN

 

a.  Peserta terdiri dari 1 putra dan 1 putri, utusan dari masing-masing kabupaten/kota b.  Penulisan khat diawali tulisan taawuż dan basmalah dan diakhiri tulisan tasdiqah c.   Peserta menulis:

-     Surah Al-Falaq ayat 1, 2, 3, 4, 5 dengan khat naskhi yang benar dan indah

-     Terjemah   surah   Al-Falaq   dalam   bahasa   Indonesia   dengan   huruf   latin   tegak bersambung,

-     Terjemah surah Al-Falaq bahasa Jawa dengan huruf Arab Pegon (Arab Jawi, Arab

Melayu, Arab Indonesia)

d.  Peserta boleh melihat contoh materi khat yang disediakan oleh panitia. e.   Waktu pelaksanaan lomba 3 jam

f.   Khat ditulis di atas kertas ukuran 40x60 cm yang disediakan oleh panitia.

g.  Juri akan memilih dan menetapkan juara 1, juara 2, dan juara 3 serta juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3.

 

RENTANG PENILAIAN KAIDAH DAN KEINDAHAN TULISAN

 

 

No. Undian

Surat al Falaq

Terjemah Latin

Terjemah Pegon

 

Jumlah

Kaidah

penulisan

Komposisi

keserasian

Kaidah

penulisan

Komposisi

keserasian

Kaidah

penulisan

Komposisi

keserasian

         50              

20               

20               

15               

30               

15             

150    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

8.  LOMBA SENI KHITABAH

 

a.  Peserta terdiri dari 1 putra dan 1 putri, utusan dari masing-masing kabupaten/kota b.  Waktu penampilan maksimal 7 menit.

c.  Peserta membuat dan menyerahkan rangkuman naskah teks khitabah yang diketik rapi

menggunakan  komputer  kepada  juri.  Naskah  ini  berfungsi  sebagai  acuan  penilaian, namun tidak dinilai.

d.  Penampilan diawali dan diakhiri dengan salam.

e.  Peserta menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

f.   Peserta dapat mengembangkan isi khitabah dengan Bahasa Jawa, Arab, Inggris, atau lainnya.

g.  Peserta wajib menyitir atau mengutip salah satu bunyi ayat Al-Qur’an atau hadist Nabi.

h.  Peserta memilih salah satu tema khitabah, yaitu:

a)  Birrul Walidain

b)  Hubbul Watan

c)  Moderasi Beragama

d)  Akhlaqul Karimah

e)  Talabul ilmi

f)   Amar Maruf Nahi Munkar

i.   Judul khitabah bebas disesuaikan dengan tema yang dipilih.

j.   Juri akan memilih dan menetapkan juara 1, juara 2, dan juara 3 serta juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3.

 

RENTANG PENILAIAN KHITOBAH

 

 

No. Undian

Aspek yang dinilai

 

Jumlah

Materi

Vokal

Ekspresi

Penyajian

1-40

1-60

1-40

1-60

1-200

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

9.  LOMBA MENYANYI DUET LAGU RELIGI BERPASANGAN

 

a.  Peserta  merupakan  pasangan  duet  1  putra  dan  1  putri,  utusan  dari  masing-masing

Kabupaten/kota.

b. Peserta bebas mengaransir irama musik/lagu selama tidak menghilangkan karakter lagunya.

c. Dalam penampilannya, tidak diperkenankan ada penari latar ataupun animasi back shound.

d.  Peserta menyanyikan lagu secara duet dengan menampilkan lagu wajib dan lagu pilihan. e.  Musik  pengiring  berbentuk  musik  karaoke  yang  diserahkan  kepada  operator  lomba

menggunakan flashdisk.

f.   Waktu penampilan maksimal 15 menit.

g.  Peserta menampilkan 1 lagu wajib dan 1 lagu pilihan.

h.  Sebelum tampil peserta menyerahkan judul lagu pilihan.

i.   Peserta menyanyikan lagu wajib: Masyithah Cipt. Slamet Hariyadi

j.   Peserta menyanyikan lagu pilihan, dengan memilih salah satu lagu berikut:

a)  Ya Rasulallah versi Hj. Wafiq Azizah

b)  Ya Mustafa versi Hj. Wafiq Azizah

c)  Adfaita versi Maghfirah M Hussein

d)  Kota Santri versi Nasida Ria Cipt. H. Suhaemi

e)  Perdamaian versi Nasida Ria Cipt. KH. Bukhori Masruri

f)   Tiket Akhirat Cipt. KH. Ma’ruf Islamudin

k.  Pakaian peserta  busana  muslim/muslimah,  atau busana yang  mencerminkan budaya islami, tidak diperkenankan memakai busana yang terbuka auratnya (contoh tidak berjilbab).

l.   Juri akan memilih dan menetapkan juara 1, juara 2, dan juara 3 serta juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3.

 

RENTANG PENILAIAN SENI MENYANYI DUET LAGU RELIGI BERPASANGAN

 

 

No. Undian

 

 

Lagu

 

Kualitas

Suara

Tehnik Vokal

 

Ekspresi

 

Penam- pilan

 

Jumlah

(100)

 

Nilai Akhir (Wajib + Pilihan)

 

Intonasi

 

Artikulasi

Pecah

Suara

0-20

0-15

0-15

0-25

0-15

0-10

 

01.

Wajib

 

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan

 

 

 

 

 

 

 

 

02.

Wajib

 

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan

 

 

 

 

 

 

 

 


 

10.LOMBA SENI MACAPAT ISLAMI

 

a.  Peserta terdiri dari 1 putra dan 1 putri, utusan dari masing-masing Kabupaten/kota b.  Waktu penampilan maksimal 10 menit.

c.  Peserta mengenakan busana muslim/muslimah. Jika mengenakan pakaian adat daerah tidak termasuk penilaian.

d.  Peserta menampilkan sekar wajib dan sekar pilihan. e.  Materi lomba disajikan dengan 2 padha:

a)   Lagu  Wajib  putra:  Sekar  macapat  Dhandhanggula-Penganten  Anyar,  laras  pelog

pathet nem, terjemahan Q.S. al-Fatihah ayat 1-7 (Achmad Djuwahir Anomwidjaya,

2003:2).

b)   Lagu Wajib putri: Sekar macapat Dhandhanggula Panglipur (Turulare), laras pelog pathet  nem,  terjemahan  Q.S.  al-Asr  ayat  1-3  (Achmad  Djuwahir  Anomwidjaya,

2003:31)

f.      Lagu pilihan (putra/putri):

a)  Sekar macapat KinanthiWantah, laras slendro pathet sanga, terjemahan Q.S. an-Nas ayat 1-6 (Achmad Djuwahir Anomwidjaya, 2003:4)

b)  Sekar macapat Kinanthi-Bhuminatan cengkok lagu mataraman laras slendro pathet sanga,  terjemahan  Q.S.  an-Naba’  ayat  39–40  (Achmad  Djuwahir  Anomwidjaya,

2003:106).

g.  Setiap peserta menampilkan sekar macapat wajib dilanjutkan dengan sekar macapat pilihan.

h.  Juri akan memilih dan menetapkan juara 1, juara 2, dan juara 3 serta juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3.

 

RENTANG PENILAIAN SENI MACAPAT ISLAMI

 

 

No. Undian

 

Nilai

Lagu

Dasar

Suara

 

Teknik

 

Rasa

 

Penampilan

 

Jumlah

Total

(Wajib + Pilihan)

0-40

0-30

0-20

0-10

0-100

 

01

Wajib

 

 

 

 

 

 

Pilihan

 

 

 

 

 

 

02

Wajib

 

 

 

 

 

 

Pilihan

 

 

 

 

 

 


 

11. LOMBA SENI KETERAMPILAN KOMPUTER ISLAMI

 

a.  Peserta terdiri dari 1 putra dan 1 putri, utusan dari masing-masing kabupaten/kota

b.  Peserta mengetik  teks  menggunakan  perangkat  komputer/notebook/laptop,  minimal terdapat program Office 2007.

c.  Peserta membawa peralatan sendiri (Laptop, printer, kertas foto print out hasil lomba). d.  Waktu mengerjakan maksimal 180 menit (3 Jam)

e.  Materi lomba surah al-Fatihah, dengan langkah-langkah:

a)  menghidupkan dan membuka program

b)  mengetik  dengan  huruf  All-Qur’an program nonosoft khat ukuran (size) 26,

c)  memindahkan hasil pengetikan huruf Al-Qur’an program nonosoft khat ke program

microsoft office word

d)  menulis transliterasi  Arab-Latin  (SKB  Menteri  Dikbud  dan Menteri Agama No. 158

Th 1987 dan No. 0543 b/u/1987) dengan font Times New Arabic (size) 16

e)  menerjemahkan  ke  dalam  bahasa Indonesia  dengan  huruf  latin  font  Times New

Roman ukuran (size) 14

f)   melengkapi gambar atau asesoris animasi yang diperlukan g)  memindah dari nonoshoft khat ke power point

h)  membuat animasi pada power point

i)   menyimpan file ke hardisk

j)   mengeprint (print out) word maksimal 1 lembar k)  mengkopi/menyimpan file ke dalam flashdisk

l)   mematikan dan menutup program.

m) Suara direkam sendiri pada saat lomba.

n)  Animasi boleh download.

o)  Tidak diperkenankan melihat contoh contekan materi. f.   Slide power point maksimal : 5 slide.

g.  Kertas print out adalah kertas foto.

h.  Ukuran halaman kertas: margin atas 1 cm, kiri 1 cm, kanan 1 cm, bawah 1 cm.

i.   Hasil lomba disimpan dalam flasdisk dan diserahkan kepada juri bersamaan dengan hasil print out. Juri akan mengcopy hasil pekerjaan peserta dan mengembalikan flasdisk kepada peserta. (Flasdish diberi identitas agar tidak tertukar dengan lainnya).

j.   Juri akan memilih dan menetapkan juara 1, juara 2, dan juara 3 serta juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3.

 

RENTANG PENILAIAN PROSES KETERAMPILAN KOMPUTER ISLAMI

 

No.

Undian

 

Aspek Nilai Proses

Nilai

Maksimal

Nilai

Kesalahan

 

Nilai

 

Menghidupkan dan membuka program

5

 

 

Memindahkan data dari office word ke power point

15

 

 

Membuat program animasi

55

 

 

Menyimpan file ke hardisk

10

 

 

Menyimpan file ke flasdisk

10

 

 

Mematikan dan menutup program

5

 

 

 

Jumlah

100

 

 

 

RENTANG PENILAIAN PROJEK KETERAMPILAN KOMPUTER ISLAMI

 

No.

Undian

 

Aspek Nilai Projec

 

Nilai Mak

Nilai

Kesalahan

 

Nilai

 

Ketikan Ayat

70

 

 

Ketikan Translit

50

 

 

Ketikan Terjemah

40

 

 

Melengkapi Gambar

30

 

 

Keserasian

10

 

 

 

Jumlah

200

 

 

 


12.LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

 

a.  Peserta terdiri dari 1 putra dan 1 putri, utusan dari masing-masing kabupaten/kota b.  Waktu pengerjaan maksimal 3 Jam

c.  Karya tulis disusun dalam bentuk artikel. Artikel dimaksudkan adalah tulisan sederhana

yang    berisi    gagasan    atau    tinjauan    ilmiah    dalam    bidang    PAI    BP    menurut pandangan/tinjauan peserta didik di sekolahnya.

d.  Artikel gagasan atau tinjauan ilmiah berisi sebagai berikut:

a)  Pendahuluan, yang menguraikan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat. Latar belakang masalah yang dimaksud adalah suatu hal yang dihadapi peserta di sekolah berkaitan dengan PAI BP di sekolahnya. Rumusan masalah dimaksudkan adalah pokok-pokok masalah dari latar belakang yang terjadi dan yang dapat dirumuskan. Tujuan dan manfaat dimaksudkan yang dapat diperoleh dari latar belakang masalah dan rumusan masalah tersebut.

b)  Kajian teori/tinjauan pustaka,  yang  menguraikan tentang  teori-teori yang  relevan sesuai tema yang dipilih.

c) Pembahasan, yang mengemukakan tentang gagasan/ide peserta dalam upaya memecahkan masalah yang berkaitan dengan bidang PAI BP di sekolahnya. Aspek- aspek  dalam PAI  BP  di SD  meliputi Al-Qur’an, Akidah,  Akhlak, Fiqih,  dan Sejarah Peradaban Islam.

d)  Kesimpulan.

e)  Daftar pustaka, sebagai penunjang.

e.  Tema  Artikel:  sekolah  berbudaya  agama  (religius  culture),  berkarakter, dan  ramah anak.”

f.   Artikel  yang  dibuat  maksimal  5  halaman  folio  yang  ditulis  tangan,  termasuk  daftar pustaka. Lampiran data tidak diperlukan dalam lomba ini.

g.  Boleh membawa buku referensi.

h.  Juri akan memilih dan menetapkan juara 1, juara 2, dan juara 3 serta juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3.

 

RENTANG PENILIAN KARYA TULIS ILMIAH

 

 

No. Undian

Aspek yang dinilai

 

Jumlah

Sistematika

Bahasa

Isi

Penunjang

0-20

0-25

0-50

0-5

1-100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.

Sistematika

: Keruntutan, kelengkapan, keleluasaan/kedalaman

2.

Bahasa

: penyajian, kebenaran, ketepatan

3.

Isi

: pendahuluan, landasan teori/kajian pustaka, pembahasan, kesimpulan

4.

Penunjang

: daftar pustaka; biodata penulis.

 

 
Penjelasan:

 

 

 


 

13.LOMBA CERITA ISLAMI / MENDONGENG

 

a.  Peserta terdiri dari 1 putra dan 1 putri, utusan dari masing-masing Kabupaten/kota b.  Waktu penampilan maksimal 7 menit

c.  Tidak diperkenan (dilarang) membawa alat peraga, kecuali yang melekat di badan

(surban, kopiah, tongkat, tasbeh)

d.  Peserta menampilkan cerita sesuai dengan salah satu tema yang dipilih, antara lain :

a)  Kisah Sunan Maulana Malik Ibrahim

b)  Kisah Sunan Ampel

c)   Kisah Sunan Bonang

d)  Kisah Sunan Drajat

e)  Kisah Sunan Giri

f)   Kisah Sunan Kalijaga

g)  Kisah Sunan Kudus

h)  Kisah Sunan Muria

i)     Kisah Sunan Gunung Jati

j)   Tidak diperkenankan menceritakan cerita diluar tema yang sudah ditentukan oleh

Panitia.

e.  Peserta membuat dan menyerahkan rangkuman naskah teks cerita islami yang diketik rapi menggunakan komputer kepada juri. Naskah ini berfungsi sebagai acuan penilaian, namun tidak dinilai.

f.   Juri akan memilih dan menetapkan juara 1, juara 2, dan juara 3 serta juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3.

 

RENTANG PENILAIAN VOKAL

 

 

 

No. Undian

Aspek yang dinilai

 

Jumlah

Kualitas suara

 

Intonasi

 

Artikulasi

 

Ekspresi

0-10

0-10

0-10

0-10

0-40

 

 

 

 

 

 

                                             RENTANG PENILAIAN PENYAJIAN

 

 

No. Undian

Aspek yang dinilai

 

Jumlah

Materi

Harmonisasi

Improvisasi

0-10

0-10

0-10

0-30

 

 

 

 

 

 

RENTANG PENILAIAN PENAMPILAN

 

 

 

No. Undian

Aspek yang dinilai

 

Jumlah

Blocking dan

setting

 

Komposisi

 

Gesture

 

Ekspresi

0-10

0-8

0-7

0-5

0-30

 

 

 

 

 

 

 

 


 

14.LOMBA SENI MUSIK REBANA

 

a.  Peserta merupakan grup utusan dari masing-masing Kabupaten/kota, yang berjumlah 11 siswa, terdiri dari: 9 penabuh (boleh campur pa/pi), 1 vokal putra 1 dan 1 vokal putri.

b.  Peserta  bebas  mengaransir  irama  musik/lagu  selama  tidak  menghilangkan  karakter lagunya.

c.  Batas waktu persiapan maksimal 15 menit. Juri dapat langsung memulai penilaian, apabila persiapan telah melebihi waktu 15 menit, meskipun peserta belum tampil.

d.  Batas waktu penyajian klasik dan modern maksimal 15 menit

e.  Operator sound system hanya menyediakan maksimal 20 microphone termasuk vokal

f.   Persiapan lomba rebana sepenuhnya oleh pelatih dan official kafilah dibantu operator sound.

g.  Pelatih  dan  official  rebana  harus  memastikan  seluruh  persiapan  dengan  maksimal sebelum penampilan dimulai.

h.  Operator sound tidak akan merubah settingan apapun saat penampilan rebana sedang berlangsung, kecuali atas permintaan pelatih/official yang sedang tampil

i.   Lagu wajib yang ditampilkan dalam versi musik rebana klasik: Hasbi Rabbi Jalallah (Ars.

Slamet Haryadi).

j.   Lagu pilihan yang ditampilkan dengan versi musik rebana modern adalah:

a)  Qilil Asyiqin (Hj. Wafiq Azizah)

b)  Sholatuminallah (Hj. Wafiq Azizah)

c)  Joko Tingkir (Hj. Wafiq Azizah)

d)  Man Ana (Cipt. Al Habib Umar Muhdhor Assegaf)

e)  Syaikhona (Versi Nisa Sabyan)

f)   Al Qolbu Mutayyam (Cipt. Anonim)

g)    Ibu (Cipt. Slamet Haryadi)

h)  Wudu (Cipt. Bimbo)

i)   Kau Peganganku Dunia Akhiratku (Cipt. Siti Asyari/Siti Kusrini)

j)    Papat Kitab (Cipt. Slamet Haryadi)

k)   Ya ilahana (Cipt. Rizal Latief)

 

k.  Juri akan memilih dan menetapkan juara 1, juara 2, dan juara 3 serta juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3.

 

RENTANG PENILAIAN MUSIK REBANA KLASIK (WAJIB)

 

 

No. Undian

Aspek yang dinilai

 

Jumlah

Aransemen

Harmonisasi

Improvisasi

Penampilan

150

100

100

150

500

 

 

 

 

 

 

 

RENTANG PENILAIAN MUSIK REBANA MODERN (PILIHAN)

 

 

No. Undian

Aspek yang dinilai

 

Jumlah

Aransemen

Harmonisasi

Improvisasi

Penampilan

150

100

100

150

500

 

 

 

 

 

 

 

PEROLEHAN NILAI SENI MUSIK REBANA

 

 

No. Undian

Rebana Klasik

Rebana Modern

Jumlah

500

500

1000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aksi Nyata Modul 1.1 Penerapan FIlosofi Ki Hajar Dewantara di Kelas dan di Sekolah

 Di bawah ini merupakan Link materi Aksi Nyata Modul 1.1 Penerapan FIlosofi Ki Hajar Dewantara di Kelas dan di Sekolah. (Aris Margo Susanto)...