TATA
TERTIB PENGAWAS RUANG US/MI
SD NEGERI SEWUKAN 1
1. Persiapan
a.
Tiga puluh menit sebelum US/M
dimulai, pengawas ruang US/M telah hadir di lokasi.
b.
Pengawas ruang US/M menerima
penjelasan dan pengarahan dari penanggungjawab penyelenggaraan US/M.
c.
Pengawas ruang US/M menerima
bahan US/M dari penanggungjawab penyelenggaraan US/M berupa Paket Soal, LJUS/M,
Amplop LJUS/M, Daftar Hadir, dan Berita Acara Pelaksanaan US/M.
2. Pelaksanaan
a.
Pengawas ruang US/M masuk ke
dalam ruang US/M 20 menit sebelum waktu pelaksanaan dan memeriksa kesiapan
ruang US/M.
b.
Pengawas ruang US/M meminta
peserta US/M untuk memasuki ruang US/M dengan menunjukkan kartu peserta US/M,
dan menempati tempat duduk sesuai nomor
yang telah ditentukan.
c.
Pengawas ruang US/M memeriksa
setiap peserta US/M untuk tidak membawa tas, buku atau catatan lain, alat
komunikasi elektronik, kalkulator dan sebagainya ke dalam ruang US/M kecuali
alat tulis yang akan digunakan.
d.
Pengawas ruang US/M membacakan
Tata Tertib US/M setiap pelaksanaan US/M.
e.
Pengawas ruang US/M meminta
peserta US/M menandatangani Daftar Hadir US/M.
f.
Pengawas ruang US/M membagikan
LJUS/M kepada peserta dan memandu serta memeriksa pengisian identitas peserta
US/M (nomor US/M, nama, tanggal lahir, dan tanda tangan) sebelum waktu US/M
dimulai.
g.
Setelah seluruh peserta US/M
selesai mengisi identitas, pengawas ruang US/M membuka amplop paket soal,
memeriksa kelengkapan bahan US/M, dan meyakinkan bahwa amplop tersebut dalam
keadaan baik dan tertutup rapat (disegel), disaksikan oleh peserta US/M.
h.
Pengawas ruang US/M membagikan
paket soal US/M dengan cara meletakkan di atas meja peserta US/M dalam posisi
tertutup (terbalik). Peserta US/M tidak diperkenankan untuk menyentuhnya sampai
tanda waktu US/M dimulai.
i.
Pengawas ruang US/M mengecek
kelengkapan paket soal US/M.
j.
Setelah tanda waktu mengerjakan
dimulai, pengawas ruang US/M mempersilahkan peserta US/M untuk mulai
mengerjakan soal dan mengingatkan peserta agar terlebih dahulu membaca petunjuk
cara menjawab soal.
k.
Kelebihan paket soal US/M selama
US/M berlangsung tetap disimpan di ruang US/M dan tidak boleh dibawa keluar
ruangan sampai US/M selesai.
l.
Selama US/M berlangsung, pengawas
ruang US/M wajib menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang US/M,
memberi peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan, serta
melarang orang lain yang tidak berkepentingan memasuki ruang US/M.
m.
Pengawas ruang mencatat setiap
kejadian termasuk kecurangan selama penyelenggaraan US/M di dalam Berita Acara
PelaksanaanUS/M.
n.
Pengawas ruang US/M dilarang
memberi isyarat, petunjuk, dan bantuan apapun kepada peserta berkaitan dengan
jawaban dari soal US/M yang diujikan.
o.
Lima menit sebelum waktu US/M
selesai, pengawas ruang US/M memberi peringatan kepada peserta US/M bahwa waktu
tinggal lima menit.
p.
Setelah waktu US/M selesai,
pengawas ruang US/M mempersilakan peserta untuk berhenti mengerjakan soal.
Pengawas mengumpulkan LJUS/M dan Paket Soal US/M. Peserta US/M dipersilahkan
meninggalkan ruang US/M, setelah pengawas menghitung jumlah LJUS/M sama dengan
jumlah peserta US/M.
q.
Pengawas ruang US/M menyusun
secara urut LJUS/M dari nomor peserta terkecil, dan memasukkannya ke dalam
amplop LJUS/M disertai dengan Daftar Hadir Peserta, dan kemudian ditutup dan
dilak serta ditandatangani oleh pengawas ruangUS/M di dalam ruang US/M.
r.
Pengawas ruang US/M
menandatangani Berita Acara Pelaksanaan US/M yang berisi catatan kejadian
selama US/M berlangsung.
s.
Pengawas ruang US/M menyerahkan
amplop berisi LJUS/M yang sudah dilak serta Berita Acara Pelaksanaan US/M
kepada penanggung jawab US/M satuan pendidikan.
Sewukan,
..................................................
Kepala
SD Negeri Sewukan 1
TH.
Srimulyani, S.Pd.SD
NIP.
19660515 198807 2 002
TATA
TERTIB PESERTA US/M
SD NEGERI SEWUKAN 1
1. Peserta
US/M memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan, yakni 15 menit sebelum
US/M dimulai.
2. Peserta
US/M yang terlambat hadir hanya diperkenankan mengikuti US/M setelah mendapat
izin dari Penanggung Jawab Satuan Pendidikan, tanpa diberi perpanjangan waktu.
3. Peserta
US/M dilarang membawa alat komunikasi elektronik, kalkulator, tas, buku, dan
catatan dalam bentuk apapun ke dalam ruang US/M.
4. Peserta
US/M membawa alat tulis menulis berupa pensil 2B, penghapus, penggaris, dan
bolpoin berwarna hitam/biru serta kartu tanda peserta US/M.
5. Peserta
US/M mengisi Daftar Hadir.
6. Peserta
US/M mulai mengerjakan soal setelah ada tanda waktu mulai US/M.
7. Peserta
US/M mengisi identitas pada LJUS/M secara lengkap dan benar.
8. Peserta
US/M yang memerlukan penjelasan cara pengisian identitas pada LJUS/M dapat
bertanya kepada pengawas ruang US/M dengan cara mengacungkan tangan terlebih
dahulu.
9. Selama
US/M berlangsung, peserta US/M hanya dapat meninggalkan ruangan dengan izin dan
pengawasan dari pengawas ruang US/M, serta tidak melakukannya berulang kali.
10. Peserta
US/M yang memeroleh Paket Soal yang cacat atau rusak, pengerjaan soal tetap
dilakukan sambil menunggu penggantian Paket Soal.
11. Peserta
US/M yang meninggalkan ruangan setelah membaca soal dan tidak kembali lagi
sampai tanda selesai dibunyikan, dinyatakan telah selesai menempuh/mengikuti
US/M pada muatan/mata pelajaran yang terkait.
12. Peserta
US/M yang telah selesai mengerjakan soal sebelum waktu US/M berakhir tidak
diperbolehkan meninggalkan ruangan sebelum berakhirnya waktu US/M.
13. Peserta
US/M berhenti mengerjakan soal setelah ada tanda berakhirnya waktu US/M.
14. Selama
US/M berlangsung, peserta US/M dilarang:
a.
Menanyakan jawaban soal kepada
siapa pun;
b.
Bekerjasama dengan peserta lain;
c.
Memberi atau menerima bantuan
dalam menjawab soal;
d.
Memperlihatkan pekerjaan sendiri
kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain;
e.
Membawa Paket Soal US/M dan
LJUS/M keluar dari ruang US/M; dan
f.
Menggantikan atau digantikan oleh
orang lain.
Sewukan,
..................................................
Kepala
SD Negeri Sewukan 1
TH.
Srimulyani, S.Pd.SD
NIP.
19660515 198807 2 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar